logo blog
Selamat Datang Di Blog KemejingNet
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog KemejingNet,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menulis Artikel Dengan Bermodalkan Gambar

KemejingNet.Com. Menulis Artikel Dengan Bermodalkan Gambar. Berbicara mengenai blog tentu tidak lepas dengan namanya artikel. Sebuah blog yang bagus adalah blog yang selalu update artikel secara rutin, apalagi kalau blog tersebut telah dijadikan ladang untuk mengais uang dari adsense. Adsense adalah periklanan yang berbasis content, oleh karna itu blog yang telah dimonetisasi adsene haruslah selalu update artikel secara berkala.

Agar tidak kehabisan ide dalam menulis artikel untuk sebuah blog, tentunya kita harus pandai-pandai dalam merangkai kata dan mengarang sebuah cerita yang menarik dan juga enak dibaca sekaligus bermanfaat. Namun yang harus diperhatikan disini adalah artikel karangan yang kita hasilkan haruslah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, dan itu artinya kita harus mengarang namun dengan berdasarkan fakta.

 Menulis Artikel Dengan Bermodalkan Gambar

Berdasarkan pengalaman mengelola blog saya sendiri tidak lepas dari yang namanya kehabisan ide untuk membuat artikel, dan untuk mengatasinya apa yang saya lakukan?, Untuk mengatasi hal tersebut yang saya lakukan adalah melihat album foto hasil jepretan saya sendiri baik itu yang menggunakan kamera digital maupun kamera hanphone.

Tidak sedikit dari artikel-artikel yang saya buat itu muncul dari sebuah gambar yang terkadang saya dapatkan dengan tidak sengaja dan asal jepret saja ketika melihat sesuatu yang unik untuk saya abadikan. Dan sampai saat ini kebiasaan jeprat-jepret itu masih sering saya lakukan, selain untuk menambah koleksi gambar siapa tau ada sebuah foto yang mungkin bisa saya jadikan artikel.

Menulis artikel yang unik itu sebenarnya gampang asalkan kita pandai merangkai kata-kata, menulis artikel bisa kita lakukan dengan bermodalkan gambar original yang kita punya, sebuah gambar adalah sebuah media visual yang bisa menjelaskan kronologi sebuah cerita maupun sebuah kejadian.

Silahkan baca juga : Keuntungan Liburan Bagi Para Blogger

Cara Mendapatkan Gambar

Untuk menulis artikel dengan bermodalkan gambar, tentunya kita harus mempunyai stok gambar yang nantinya dapat kita pilih untuk dijadikan sebuah artikel. Apabila kita tidak mempunyai stok gambar, tentunya kita harus berburu gambar yang sebanyak-banyaknya dengan berbekal kamera baik itu kamera digital maupun handphon.

Sebenarnya banyak gambar menarik disekitar kita yang bisa kita abadikan misalnya, misalnya gambar pemandangan alam, sungai, hutan, laut, hewan, atau gambar apapun yang sekiranya ingin kita jepret. Bahkan hanya dari gambar sebuah tanaman kadang bisa kita gunakan untuk membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca.

Moment lain yang bisa kita abadikan menjadi sebuah gambar adalah ketika kita sedang berrekresi ketempat wisata. Disini kita dapat memanfaatkan moment itu untuk mengabadikan berbagai gambar yang nantinya dapat kita pilih untuk dijadikan bahan ketika mau membuat artikel. Contoh artikel berdasarkan gambar bisa Anda baca apa artikel berikut ini  :

Silahkan baca :  Pesona Indah Bunga Anggrek Hutan

Cara Menulis Artikel Dengan Bermodalkan Gambar.

Untuk memulai menulis artikel dengan bermodalkan gambar hal yang paling utama adalah kita harus memahami gambar tersebut, misalnya gambar suatu tempat, tentunya kita juga harus tau nama tempat tersebut dan juga hal-hal disekelilingnya, dan apabila gambar tersebut tentang tumbuhan atu hewan kita harus tau namanya dan juga manfaatnya agar nantinya artikel yang kita hasilkan bermanfaat bagi bembaca.

Gunakanlah imajinasi Anda untuk menceritakan apa isi gambar tersebut agar menjadi rangkaian deskripsi kata yang panjang dan akhirnya menjadi sebuah artikel yang enak dibaca dan juga bermanfaat. Membuat artikel dengan berodalkan gambar yang original, kemungkinan besar artikel yang kita buat belum ada yang menyainginya di internet dan itu sangat bagus karena artikel yang kita hasilkan benar-benar original.

Demikian cara menulis artikel dengan bermodalkan gambar menurut saya, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat bagi pembaca semuanya. Akhir kata, tetaplah menulis dan berkreasi dengan apa yang kita punya, mudah-mudahan sekecil apapun yang kita hasilkan ada manfaatnya.

Enter your email address to get update from KemejingNet.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

Artikel ini, sangat menggambarkan sosok diriku. Aku membuar artikel lewat gambar. Dengan gambar aku mudah sekali berkhayal dan merangkai kata-kata. Terasa tidak pernah kehabisan ide. Blogger yang susah ya seperti itu, memberikan gambar dan tulisan. Kalau cuma copy gambar dari google semua orang bisa melakukannya.

Balas

Betul mas, kalau cuma asal comot, gambar juga banyak di internet. Membuat artikel berdasarkan gambar milik sendiri itu pasti akan lebih unik karena tidak ada yang menyainggi.

Manfaat lain adalah kita jadi belajar menjadi fotografer ya mas Jangkaru?.. :)

Balas

benar kata orang kalau gambar itu sebuah cerita tak bersuara. tapi mengandung seribu pesan untuk ditafsirkan.

Balas

kalau saya terbalik mas. saya nulis dulu artikel baru kasih ilustrasinya melalui gambar walau kadang teramat sederhana. menurut saya gambar juga bisa di optimasi untuk mendukung artikel itu sendiri.

Balas

Memang benar Mbah, walupun tak bersuara namun bila diselami mengandung banyak pesan didalamnya.

Balas

memang harus sediakan space di hp untuk menjepret ya mas, suatu saat ada manfaaatny kala butuh ide tulisan

Balas

Intinya kita mendeskripsikan gambar tersebut lewat tulisan kita ya mas. Wah, ini bisa jadi referensi buat kita semua jika kita kehabisan ide untuk membuat artikel

Balas

Mbah Google memang selalu menghargai hal-hal baru, termasuk gambar hasil sendiri ya mas :)
ini nih kalau udah suka nulis gambarpun bisa jadi inspirasi. :)

Balas

kalau blog niche teknologi sepertinya agak sulit cari gambar ilustrasi mas, kalaupun pengen gambar original ya harus ngedesain iustrasi sendiri

Balas

Iya mbak, kadang gambar juga bisa menginpirasi.

Balas

Yes mas, kita berimajinasi dengan bermodalkan sebuah gambar, dan menceritakannya secara realistis.

Balas

he..he.. intinya jadi blogger itu apapun bisa menjadi artikel mas, termasuk sebuah foto.

Balas

Emang mas, cara ini lebih cocok untuk blog traveling, maupun blog tentang agro, dan juga blog gado-gado, kalau buat blog niche tekhnologi memang agak susah.

Balas

Jadi seorang blogger memang harus bisa menjadikan media apupun untuk bahan tulisan ya mas..?

Mantap mas...idenya kreatif. banget

Balas

Betul mas...saya sering lho...sebelum nulis, otak atik gambar dulu kadang di photoshop dan potoscep...setelah itu tinggal memainkan jari di kybord ...bla...bla...bla...jadi deh....artikel siap di publikasikan....

Balas

iya mas... gambar itu merupakan sejarah yang menceritakan banyak hal pada hati, namun bisu ketika akan dimuntahkan kembali. dia hanya diam, namun mengantar pesan melalui kenangan.

Balas

yups tinggal mengupasnya dengan cara tersendiri biar beda dan menarik untuk di baca ya mas?

Balas

Iya mas, boleh dikatakan, apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasa itu bisa jadi artikel tinggal bagaimana imajinasi kita bermain :) :)

Balas

Sambil berkreasi gambar, dan jadilah artikel ya mas :)

Balas

bener juga tuh kata si Mbah, meskipun pada umumnya yang akan kita terangkan dalam gambar sama, namun kalau punya gaya bahasa sendiri pastinya akan lebih keren dan menarik. :)

Balas

Saya kadang juga mengambil gambar gambar jika melihat kejadian yang cukup menarik karena siapa tahu nanti bisa jadi bahan untuk menulis artikel

Balas

Muantap nih tips dari semua bloger yang komen di saya terapkan di blog saya semoga bisa maju.

Balas

klo saya biasanya nyetok artikel,, jaga-jaga pas lgi suntuk ga ada ide... ternyata ide buat judul artikel bisa dri gmbr ,,g kpikiran sebelum nya ,, terimksh om

Balas

Bagus juga tuh bisa nyetok artikel, pasti produktif banget nulisnya. Sama-sama, makasih juga kunjungannya.

Balas

Habis ide = Perlu Liburan mas :D

Balas

kalau adik, ad foto yang menarik seperti wanita atau ekspresi seseorang bisa adik bikin cerita . jadi gamba juga bisa jadi inspirasi tulisan ya mas

Balas

kalo udah suntuk ngeblog mulu, bikin posting mentok itu tandanya butuh liburan, sekalian liburan sambil jeprat jepret, bahan ide posting lansung full

Balas

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda yang sesuai dengan topik, mohon maaf bila kadang telat berkunjung balik.

Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Copyright © 2016. KemejingNet - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modification by KemejingNet Proudly powered by Blogger