20.7.17

Cara Mengambil Foto Pada Malam Hari Dengan Kamera Android

Tags

Cara Mengambil Foto Pada Malam Hari Dengan Kamera Android - Mengabadikan sebuah moment dengan kamera android adalah hal yang mudah dan juga menyenangkan. Namun sayangnya, banyak kamera android yang tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus bila digunakan di malam hari.

Perbedaan mengambil foto pada malam dan siang hari dengan kamera android adalah selalu terkendala dengan pencahayaan-nya. Oleh sebab itu hasil foto yang di dapat ketika memotret sebuah objek pada malam hari dengan kamera android sering kali kurang maksimal.

Namun, bagi Anda pemakai smartphone android tidak perlu khawatir, karena bukan berarti Anda tidak bisa memotret moment yang ada saat Anda berada di malam hari. Berikut ini beberapa tips untuk mengambil foto pada malam hari dengan smartphone android yang bisa Anda lakukan.

Cara-Mengambil-Foto-Pada-Malam-Hari-Dengan-Kamera-Android

Tips Mengambil Foto Pada Malam Hari Dengan Smartphone

1. Gunakan Tripod dan Timer

Menggunakan tripod adalah salah satu cara agar gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas bagus. Fungsi menggunakan tripod untuk mengambil foto pada malam hari adalah agar kamera yang kita gunakan tidak goyang, karena untuk mengambil gambar pada malam hari, cahaya yang kecil membutuhkan shutter yang lambat untuk menangkap lebih banyak cahaya agar gambar yang dihasilkan maksmal.

Untuk mendapatkan hasil yang tidak kabur, sebaiknya gunakan timer atau remote untuk menekan tombol shutter. Apabila memang terpaksa harus menggunakan shutter secara manual, usahakan jangan bergerak sedikit dan tahan nafas Anda pada saat menekan tombol shutter.

2. Aktifkan Mode Manual

Gunakan mode manual saat pengambilan foto pada malam hari, karena mode otomatis tidak cocok untuk digunakan di malam hari. Saat ini telah banyak smartphone android yag sudah memiliki mode kamera manual. Jika memang tidak ada mode manual pada smartphone android Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Footec Camera dll.

3. Setel Shutter Speed, Aperture, dan ISO

Saat Anda menggunakan mode manual, silahkan atur kecepatan rana yang pada setting yang lebih lambat, hal ini berfungsi untuk menangkap lebih banyak cahaya yang ada. Selain itu, Anda bisa menggunakan kecepatan shutter hingga 30 detik atau bisa juga menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setting pada apperture biasanya disesuaikan dengan shutter speed. Adapun, fungsi dari shutter speed dan aperture adalah untuk mengendalikan seberapa banyak cahaya masuk ke sensor kamera.

Fungsi ISO adalah untuk mengetahui berapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas sensor yang digunakan. Lebih jelasnya, ISO yang rendah sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi terang seperti pada siang hari. Sementara setting ISO yang tinggi sangat cocok bila digunakan pada saat malam hari atau saat pencahayaan kurang.

Artikel Terkait  :

4. Aktifkan Mode Malam

Selain mode manual, jika di foto tidak banyak gerakan yang berarti, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Night Mode. Fitur ini hampir ada di setiap smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Dengan fitur Night Mode, gambar akan menjadi lebih baik karena ada beberapa penyaringan yang sesuai dengan waktu di malam hari. Tapi, pastikan objek yang difoto tidak bisa bergerak banyak, karena akan membuat kabur di foto.

5. Jangan Gunakan Flash 

Pada saat pengambilan gambar pada malam hari, usahakan jangan gunakan flash, Apalagi jika Anda memotret objek yang cukup jauh. Menggunakan lampu kilat pada saat malam hari, malah akan menyebabkan bintik-bintik pada foto yang akan membuat gambar menjadi tidak jelas.

6. Jangan Gunakan Zoom

Hindari juga penggunaan fitur zoom agar gambar yang di hasilkan lebih jelas dan tajam. Jika objek yang akan Anda ambil cukup jauh, alangkah lebih baik jika Anda mendekati objek tersebut, atau langsung ambil foto dari jarak jauh dan kemudian memotongnya saat gambar sudah didapat.

7. Patikan Sudut Yang Tepat Saat Pengambilan Gambar

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, tentunya tentunya dibutuhkan sudut pengambilan yang tempat. Untuk itu carilah sudut yang tepat agar hasil foto yang didapat bisa menghasilkan foto yang maksimal dan juga bagus. Cara ini banyak digunakan oleh para fotografer profesional, Disini, kunci utamanya terletak pada kreatifitas Anda didalam mengambil sudut yang tepat.

8. Gunakan Aplikasi Peng-Editan Foto

Langkah terakhir agar foto yang Anda hasilkan pada pengambilan malam hari adalah dengan memanfaatkan aplikasi peng-edit foto yang telah banyak beredar. Silahkan gunakan peng-edit foto yang biasa Anda gunakan untuk mengatur, foto seperti brightness, detail, sampai efek, memotong dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara dan trik Mengambil Foto Pada Malam Hari Dengan Kamera Android. Pada intinya semua terkembali pada kesabaran Anda untuk terus bereksperimen. Karena untuk menghasilkan foto yang bagus tentu dibutuhkan keahlian dan praktek yang terus berulang. Semoga bermanfaat.

2 komentar

biasanya saya pake cara kedua; mode manual

kalo saya biasanya saat ngambil foto malam hari hasilnya burem, hehehe

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.
EmoticonEmoticon