Bibit Unggul Dan Keuntungan Mengembangbiakannya

KemejingNet - Bibit Unggul Dan Keuntungan Mengembangbiakannya. Pernahkah Anda mendengar tentang bibit unggul?. Dan apa yang Anda ketahui tentang bibit unggul?. Dan adakah keuntungan ketika Anda menggunakan bibit unggul?. Pada artikel kali ini mari kita bahas sama sama apa bibit unggul itu dan keuntungan apa yang bisa kita peroleh dari mengembangkan bibit unggul ini.

Bibit unggul adalah bibit baik itu bibit tanaman maupun hewan yang mempunyai sifat yang baik dari tanaman atau hewan yang sejenis lainnya. Namun pada artikel kali yang akan kita bahas adalah tentang bibit unggul pada tanaman.

Bibit Unggul

Sifat unggul pada tanaman memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Waktu berbuah atau produksinya cepat.
  2. Hasil produksinya banyak.
  3. Rasa buahnya atau rasa hasil produksinya enak.
  4. Tahan terhadap hama dan gulma serta penyakit.
  5. Tahan terhadap iklim dan kondisi tanah yang bervariasi.
  6. Pohonnya pendek.
Bibit unggul dapat diperoleh dengan cara hibridasi. Lalu apa hibridasi itu?. Hibridasi adalah mengawinkan dua jenis tumbuhan atupun hewan yang berbeda varietas dan memiliki sifat-sifat yang unggul.

Keuntungan dari mengembangbikkan tanaman dengan memperhatikan sifat unggul adalah sebagai berikut  :

1. Dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi misanlya  :
  • Pada tanaman padi bisa menghasilkan beras yang bermutu tinggi, misalnya padi C, Gading, Centani, Remaja dan padi unggul dari Philipina seperti PB 5, PB 8, dan PB 36.
  • Menghasilkan rambutan yang berbuah manis dan besar serta pohonnya rendah yang didapat dari hasil penyilangan.
  • Pada pohon durian bisa menghasilkan buah durian yang besar serta memiliki daging durian yang tebal serta berasa manis.
2. Bisa menghemat biaya tenaga kerja, misalnya teknologi tanam benih langsung yang disebut TOT Tabela. Hal ini bisa dilakukan pada tanaman padi dengan mengunakan jenis padi Mamberomo dan Cibodas.

3. Dapat mempercepat produksi, misalnya pada tanaman padi unggul Mamberomo dan padi Cibodas yang masa panennya bisa 2 minggu lebih cepat dari jenis padi lainnya.

4. Tanaman akan dapat berumur panjang karena sifat unggulnya yang tahan terhadap penyakit dan iklim. Misalnya padi VUTW (Varietas Unggul Tahan Wereng) dan padi IR 64.

Adapun untuk menjaga supaya bibit unggul tidak kehilangan sifat keunggulannya, kita dapat melakukan dan menjaga persilangan sesama galur murni supaya tidak terkontaminasi dengan varietas lain.

Adapun pada pohon buah, untuk bisa tetap mendapatkan bibit yang unggul dapat dilakukan dengan cara , okulasi maupun sambungan, cangkok dan juga dengan menggunakan tehnik stek batang. Adapun cara-cara tersbut dapat anda baca di artikel berikut  :
Demikian artikel kali ini tentang bibit unggul dan keuntungan mengembangbiakkannya, Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Bibit Unggul Dan Keuntungan Mengembangbiakannya"

  1. Gambar durennya menggiurkan mas...
    #GagalFokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim26.12.15

      hahaha, betul mas wahab, jadi kepingin ndak ?

      Hapus
    2. He...he... emang lagi musim durian mas, biar kepengen :)

      Hapus
    3. saya baru berkunjung ulang nih mas lihat buah durian jadi pengen.

      Hapus
    4. Silahkan dipetik aja tuh Kang :)

      Hapus
  2. Anonim26.12.15

    ini baru namanya bibit unggul ya mas, buah nya sangat besar amat durennya masa pertumbuhannya pun cepat :) :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, lihat tuh duriannya pun hampir masak :)

      Hapus
    2. Anonim26.12.15

      hahaha, kalo masak saya dapat bagian ga ini ?

      Hapus
  3. Saya pernah mencoba membuat bibit durian dengan cara sambung mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti dah pernah praktek mas, cuman memang agak sulit sambung durian ini, saya sering banyak yang gagal mas.

      Hapus
  4. bibit unggul inilah yang dperlukan para pelaku usaha perkebunan ataupun pertanian biar untungnya lebih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, dengan menanam bibit yang unggul petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

      Hapus
  5. kenapa harus gambar durian mas, kan jadi pengen. udah lama gak makan durian :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi musimnya durian mas, he..he.. :)

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda. Maaf link hidup tidak akan tampil disini, berkomentar yang baik itu salah satu cara mendapatkan backlink yang baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel