Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

KemejingNet - Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel. Jumpa lagi dengan tutorial tentang Microsoft Excel, setelah sekian lama hanya posting tenang blog, pada kesempatan ini kembali kita akan belajar sama-sama tentang fungsi delete cell dan format cell yang ada pada menu home MS Excel.

Pada menu cell ini sebenarnya ada 3 fitur yang bisa digunakan, yaitu Insert, Delete, dan Format, namun yang akan kita bahas disini adalah mengenai fungsi dari delete cell dan format cell, karena pada menu insert cell telah saya bahas pada artikel yang sebelumnya.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

Silahkan baca  :  Fungsi Filter Pada Excel Dan Cara Membuatnya.

Dalam menu delete cell dan format cell ini ada beberapa kategori pilihan yang bisa kita gunakan dalam membuat data di Ms Excel, untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu fungsi apa saja yang bisa kita gunakan dalam kedua menu ini.

Fungsi Menu Delete Cell

Ada empat pilihan kategori yang bisa kita gunakan dalam menu delete cell ini, yang pertama adalah Delete cell, Delete sheet row, Delete sheet columns, dan Delete sheet.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

1. Delete cell  :  dalam delete cell ini juga ada empat pilihan yang bisa digunakan, lihat gambar berikut.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

- Shift cells left  : Adalah menghapus satu cells, yang selanjutnya isian yang berada di samping kanan cells yang dihapus akan berpindah kedalam cells yang terhapus tersebut.

- Shift cells up  :  Adalah menghapus satu cells , yang kemudian isian yang berada di bawah cells yang dihapus akan berpindah kedalam cells yang dihapus.

- Entire row  :  Adalah menghapus satu baris row.

- Entire column  :  Adalah menghapus satu baris kolom

2. Delete sheet row  :  Fungsi ini sebenarnya sama dengan Entire row, yaitu menghapus satu baris row.

3. Delete sheet columns  :  Fungsi ini juga sama seperti entire column, yaitu menghapus satu baris kolom. 

4. Delete sheet  :  fungsi dari delete sheet ini ialah menghapus satu sheet atau satu lembar halaman sekaligus.

Silahkan Baca Juga  :  Fungsi SUM, SUMIF Dan SUMIFS Pada MS Excel

Fungsi Menu Format Cell 

Ada empat kategori utama yang ada dalam menu format cell ini, yaitu CellSize, Visibility, Organize Sheets dan Protection, dari keempat kategori utama tersebut masih ada sub-sub kategori yang ada, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut ini.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

Adapun fungsi dari kategori-kategori yang terlihat di gambar diatas adalah sebagai berikut ini  :

1. Cell Size
- Row Height :  Adalah mengatur tinggi rendahnya sebuah Cell dengan cara mengisikan berapa ukuran yang akan digunakan

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

- AutoFit Row Heigt :  Mengatur tinggi rendahnya cell secara otomatis menyesuakan jumlah huruf yang ada dalam cell tersebut.

- Column Width :  Mengatur lebar kolom dengan menentukan berapa ukuran yang akan digunakan, atau menurut kebutuhan yang ada pada kolom tersebut.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

- AutoFit Column Width :  Menentukan lebar kolom secara otomatis dengan menyesuaikan jumlah kata atau angka yang ada dalam kolom tersebut.

- Default Width :  Mengembalikan ukuran cell maupun kolom kedalam ukuran standar apabila telah terjadi perubahan pada cell maupun kolom tersebut.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel


2. Visibility
- Hide & Unhide :  Funsi ini adalah untuk menyembunyikan sebuah cell maupun kolom ketika cell atau kolom tersebut tidak lagi digunakan ataupun untuk ketika saat akan dicetak kolom tersebut kurang diperlukan ketika terjadi sebuah perubahan pada dokumen.

Dengan fungsi ini kita tidak perlu membuang cell maupun kolom yang ada ketika terjadi perubahan, akan tetapi cukup dengan menyembunyikan cell maupun kolom tersebut.

- Hide Rows  :  Adalah untuk menyembunyikan baris row, caranya silahkan blok beberapa jumlah row dan silahkan klik Hide Rows.

- Hide Columns :  Hide columns adalah untuk menyembunyikan satu atau beberapa kolom yang ingin disembunyikan. Caranya silahkan blok kolom yang ingin disembunyikan lalu klik Hide Columns.

- Hide Sheet :  Hide sheet adalah untuk menyembunyikan satu sheet atau satu lembar kerja sekaligus, Caranya, letakkan pointer pada lembar kerja yang akan di sembunyikan lalu klik Hide Sheet.

- Unhide Rows :  Unhide row adalah untuk memunculkan kembali cell yang telah disembunyikan. Caranya, bila cell yang dihilangkan dari cell no 2 sampai nomor 5, untuk mengembalikannya silahkan blok pada cell nomor 1 sampai cell nomor 6 kemudian klik Unhide Rows.

- Unhide Columns :  Unhide columns adalah untuk mengembalikan kolom yang telah dihilangkan. Caranya, apabila Anda menghilangkan kolom B dan C, silahkan Anda blok kolom A sampai dengan kolom D lalu klik Unhide Columns.

- Unhide Sheet :  Unhide sheet adalah untuk mengembalikan sheet yang telah disembunyikan. Caranya, silahkan klik Unhide Sheet, lalu pilih sheet mana yang akan dikembalikan apabila Anda telah menyembunyikan beberapa sheet, klik ok.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel


3. Organize Sheets
- Rename Sheet :  Memberikan nama pada sebuah sheet atau halaman. Caranya klik format, pilih Rename sheets, dan beri nama pada sheet sesuai dengan isi dokumen.

- Move or Copy Sheet :  Memindahkan atau mencopy sebuah sheet pada sheet yang lain.

- Tab Color :  Memberi warna pada sheet tertentu untuk membedakan atau untuk lebih memudahkan dalam menggingat sheet tersebut. Caranya, klik format, pilih tab color, dan pilih warna yang akan Anda gunakan.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel


4. Protection
Protect Sheet :  Fungsi ini gunanya untuk memproteksi atau mengunci dokumen yang telah Anda buat dari perubahan yang tidak diinginkan ataupun perubahan yang dilakukan oleh orang lain. Dengan fitur ini Anda bisa menonaktifkan berbagai kategori agar dokumen Anda aman.

Adapun caranya adalah sebagai berikut, Silahkan klik format, lalu pilih Protect Sheet, maka Anda akan dibawa pada tabel, seperti gambar dibawah. Pilih kategori yang ingin Anda proteksi, lalu masukkan password lalu klik ok, akan muncul tab confirmasi password silahkan anda masukkan lalu klik ok lagi.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

Untuk membuka proteksi Anda, caranya sama seperti langkah membuatnya, silahkan klik format, pilih Unprotect Sheet, masukkan password Anda klik ok maka dokumen Anda aka terbuka kembali dari proteksi.

Format Cells  :  Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan disini, diantaranya, Number, Alignement, Font, Border, Fill, dan juga protection. Semua bisa Anda coba sendiri untuk mempraktekkanya, karena terlalu banyak bila dijelaskan disini.

Fungsi Delete Cell Dan Format Cell Pada Menu Home MS Ecxel

Bagaimana Anda capek membacanya?, he..he.. saya aja yang buat artikel juga capek!!... Bila Anda kurang jelas dan kurang memahami apa yang telah saya sampiakan diatas, silahkan Anda lihat video tutorialnnya berikut ini, dan bila Anda ingin mendownload videonya silahkan kunjungi Chanel youtobe saya melalui link berikut Chanel Youtube

Demikian tutorial tentang Fungsi Delete Cell dan Format Cell Pada Menu Home MS Excel yang bisa saya sampakan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampiakan bermanfaat. Dan kalau memang artikel ini bermanfaat silahkan bantu share melalui tombol sosial media yang ada. Terima kasih, sampai jumpa lagi di tutorial MS Excel yang lain. Salam Blogger.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!