Pengunjung Blog Turun Drastis? Cari Tau Penyebabnya Dan Tangani Segera

Pengunjung blog turun drastis merupakan hal yang paling tidak mengenakkan bagi pemilik blog. Trafik blog turun dengan tiba-tiba dan susah untuk naik lagi, pasti akan membuat peringkat blog juga semakin turun di mesin pencari. Bagi publisher adsense, turunnya jumlah pengunjung, tentu juga akan mengurangi pendapatan seperti ketika blog masih banyak pengunjung dan juga page view-nya.

Jika pengunjung blog turun dengan tiba-tiba, apalagi jika grafik turunnya sangat signifikan, tentu harus segera ditangani. Sebelum kita menangani blog kita yang trafik-nya menurun, hal yang paling utama harus kita ketahui adalah penyebab dari menurunnya jumlah pengunjung. Setelah kita tau penyebabnya, barulah kita bisa menanganinya dengan tepat.

Ada beberapa faktor yang sering kali menyebabkan turunnya jumlah pengunjung blog secara drastis, faktor-faktor tersebut bisa dari internal blog sendiri maupun faktor eksternal yang bisa datang dari luar. Berikut ini, KemejingNet akan sedikit berbagi mengenai faktor yang membuat pengunjung blog turun drastis.

Traffic-Blog-Turun-Drastis

Faktor Internal Penyebab Trafik Blog Turun Drastis

1. Gonta Ganti Template Blog

Ganti template memang bisa membuat pengunjung blog menjadi turun, apalagi jika mengganti template blog dengan rentang waktu yang cukup sering. Penyebab pengunjung turun karena sering ganti template itu disebabkan mesin pencari harus merayapi kembali isi blog dengan tampilan yang sering berubah. Oleh sebab itu, jika pengunjung turun akibat gonta-ganti template, mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. Jika bosan dengan tampilan template blog yang lama, alangkah lebih baik jika template blog di modifikasi saja agar tampilan sedikit berbeda namun struktur template tetap sama dan tidak berubah

2. Jarang Update Artikel Baru

Bila diibaratkan, blog itu seperti sebuah benda kesayangan, sebuah beda kesayangan sudah pasti akan selalu terlihat rapi dan enak dipandang karena selalu dirawat dengan baik. Begitu juga dengan blog, jika sebuah blog selalu dirawat dengan baik, tentu blog tersebut juga akan selalu ramai oleh pengunjung.

Salah satu cara merawat blog adalah dengan update artikel secara rutin, update artikel secara rutin tidak harus tiap hari, bisa seminggu sekali maupun sebulan sekali, namun akan lebih bagus jika bisa setiap hari update artike. Jika blog jarang di update, tentu jumlah pengunjung bisa turun, karena jarang artikel-artikel baru, dan terkadang artikel yang lama sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan yang ada, dan hal tersebut tentu akan berdampak pada menurunnya jumlah pengunjung.

3. Terlalu Banyak Link Error

Link error adalah sebuah tautan link yang jika dibuka akan menuju halaman page not found atau error 404 dan sebagainya. Banyak link error pada sebuah blog, sangat kurang bagus bagi kesehatan blog. Link error juga salah satu yang menjadi penyebab turunnya pengunjung, untuk itu silahkan cek link error blog secara berkala agar blog tetap SEO, baik untuk pengunjung maupun search engine. Adapun untuk mengetahui link error, silahkan baca Cara Cek Link Error Blog Dan Solusi Mengatasinya

4. Teknik SEO Yang Berlebihan

SEO memang mempunyai andil besar didalam pengelolaan blog, blog dengan SEO yang bagus akan mudah bersaing di search egine. Teknik SEO bermacam-macam yang bisa diterapkan, baik itu SEO On Page maupun SEO Offpage. Namun penerapan SEO yang salah justru akan berakibat blog dianggap spam oleh search engine.

Salah satu penerapan SEO yang salah adalah menempatkan banyak kata kunci didalam artikel, jika itu dilakukan sebuah artikel malah akan tidak bisa bersaing di search engine karena dianggap spam, kepadatan kata kunci yang diperbolehkan di dalam sebuah artikel adalah maksimal 5%. Teknik SEO yang berlebihan lainnya adalah berburu backlink sebanyak-banyknya namun dengan cara yang salah, bancklink yang bagus adalah baclink yang benar-benar relevan dengan blog dan didapat secara natural.

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa cek kepadatan kata kunci dengan tool Keyword Density, mengenai Keyword Density silahkan Anda baca Cara Cek Kepadatan Kata Kunci Dengan Tool Keyword Density. Untuk mengetahui jumlah backlink, terutama baclink itu bagus atau tidak silahkan cek dengan Baclink Checker.

5. Banyak Link Dan Komentar Spam

Memiliki blog dengan jumlah komentar yang banyak di setiap artikel tentu adalah hal yang menyenangkan, itu tandanya blog ramai dan banyak yang mengunjungi. Namun memiliki banyak komentar blog yang banyak juga ada sisi negatifnya, terutama jika di dalam komentar terdapat banyak link yang sengaja ditanam oleh para komentar spmaer yang hanya ingin mendapatkan backlink dengan cara tidak benar.

Salah satu cara untuk mengatasi agar tidak ada komentar spam adalah dengan cara mengaktifkan moderasi pada komentar blog, dengan mengaktifkan moderasi kita dapat memantau komentar yang bagaimana yang bisa diterbitkan, bila ada komentar spam kita bisa langsung menghapusnya sebelum terbit.

6. Banyak Artikel Copy Paste

Saya rasa setiap blog pernah melakukan copy paste artikel, dalam jangka pendek artikel copy paste memang akan mampu bersaing di search engine, namun untuk jangka panjang artikel copy paste pasti akan tenggelam oleh artikel-artikel yang original, hal inilah yang juga menyebabkan pengunjung blog turun drastis.

Solusi untuk hal ini adalah, jangan pernah copy paste artikel dari blog lain, selain kurang baik bagi perkembangan blog, copy paste artikel orang lain adalah pelanggaran hak cipta, dan bisa-bisa blog kita akan dilaporkan ke google, dan salah satu konsekwensinya blog kita bisa dihapus permanen oleh google.

Faktor Eksternal Penyebab Trafik Blog Turun Drastis

1. Artikel Banyak Kena Copas

Artikel blog banyak kena copy paste itu akan sangat berdampak buruk bagi blog dan salah satunya adalah bisa menyebabkan pengunjung menurun karena pengunjung pasti akan terbagi pada artikel lain kita yang dicopas orang. Salah satu cara untuk mengatasi agar artikel tidak kena copas adalah dengan menonaktifkan klik kanan. Membatasi RSS feed blog juga penting untuk berjaga-jaga dari Copy Paste AGC (Auto Generate Content) Untuk mengetahui apa itu AGC, silahkan baca Cara Membatasi RSS Feed Blog Untuk Mengatasi Pencurian Artikel Dari Auto Blog.

2. Update Algoritma Google

Update algoritma google juga menjadi salah satu penyebab pengunjung blog turun drastis. Seperti baru-baru ini google melakukan update algoritma fred, banyak blog yang terkena imbas dengan adanya alogritma ini. Langkah untuk mengatasi adanya algoritma adalah kita harus selalu update unformasi terbaru yang ada, namun bila blog yang bagus dengan teknik SEO yang wajar dan bukan spam, pasti tidak akan terpengaruh secara signifikan dengan adanya update algoritma ini.

3. Faktor Persaingan Blog

Penyebab lain pengunjung blog turun adalah karena adanya persaingan blog yang semakin ketat, oleh sebab itu memiliki sebuah blog juga harus di pantau terus menerus apakah artikel yang telah kita publish mampu bersaing di search engine atau tidak. Jika pada awalnya artikel kita bisa berada di halaman pertama, namun kemudian turun, itu artinya artikel kita telah digeser oleh artikel blog lain yang lebih kuat.

Untuk mengatasi artikel yang kalah di persaingan, tentu kita harus mengupdate kembali artikel yang ada agar lebih kuat dan mampu bersaing dengan artikel-artikel blog lain. Update artikel secara berkala juga menjadi solusi yang tepat agar rangking blog semakin bagus.

4. Hilangnya Backlink Yang Ada

Semakin banyak backlink terutama backlink yang bagus tentu akan semakin memperkuat posisi blog di search engine. Blog dengan jumlah backlink yang banyak akan kuat di hasil pencarian dan hal ini tentu akan mempengaruhi sumber datangnya pengunjung. Hilang atau berkurangnya jumlah backlink tentu akan mempengaruhi artikel-artikel yang ada di search engine dan tentu hal ini akan berimbas pada menurunnya jumlah pengunjung.

5. Blog Terkena Penalti Google

Blog yang tekena penalti google, tentu susah dan bahkan tidak bisa ditemukan di search engine dan ini juga menjadi salah satu penyebab turunnya pengunjung blog. Banyak faktor kenapa blog bisa terkena penalti google, diantaranya adalah, banyak artikel copy pasti, teknik seo yang salah dan juga berlebihan atau black hate seo.

Mempunyai blog dengan dengan pengunjung yang banyak tentulah menjadi impian banyak blogger, apalagi blogger yang telah menjadi publisher adsense. Namun memang bukan perkara mudah untuk memiliki blog dengan trafik yang tinggi, apalagi untuk mempertahankan pengunjung yang ada agar trafik blog tetap stabil.

Demikian coretan tentang Pengunjung Blog Turun Drastis, serta penyebab dan cara menanganinya yang bisa saya tulis pada kesempatan ini, semoga coretan ini ada manfaatnya. Keep Spirit And Happy Blogging.
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!